Rabu, 09 Mei 2012

Ukur Takaran Gizi Ideal Orang Dewasa

detail berita
UNTUK memenuhi kebutuhan gizi, mengonsumsi beragam makanan sehat haruslah dijalani. Makan pun bukan soal kuantitas, tetapi mencukupi kadar gizi yang dibutuhkan.
 
Agar dapat memenuhi kecukupan berbagai zat gizi sehari-hari, dibutuhkan keberagaman makanan. Misalnya untuk mendapatkan protein, Anda tidak melulu harus mengonsumsi telur. Anda bisa menggantinya dengan tahu dan sumber protein lainnya agar bervariasi.
 
"Lauk pauk bersifat saling menggantikan dan mengisi. Protein akan terpenuhi jika seseorang sudah makan beragam semua zat gizi yang dibutuhkan," tutur Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS, ahli gizi dari IPB saat dihubungi Okezone melalui telepon genggamnya, beberapa waktu lalu.
 
Dalam kaidah gizi, pria kelahiran Ambarawa ini menjelaskan bahwa makan itu bukan berapa banyak, tetapi yang perlu diperhatikan adalah kecukupannya.
 
"Makan itu bukan seberapa banyak, tetapi cukup, seimbang, sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh. Prinsipnya adalah keberagaman, keseimbangan, dan keamanan," jelas mengatakan makanan dinilai seimbang bila tidak membuat seseorang gemuk atau kurus.
 
Berikut takaran zat gizi penting yang dibutuhkan orang dewasa sehari-hari, seperti dipaparkan Prof. Ali.
 
- Kalori rata-rata orang dewasa dibutuhkan sebanyak 2.000 hingga 2.200 kalori per hari.
 
- Protein dibutuhkan sebanyak 55 hingga 60 gram per hari.
 
- Kolesterol dibutuhkan sebanyak 300 miligram.
 
- Lemak dibutuhkan sebanyak 60 hingga 70 gram.
 
- Kalsium sebanyak 800 miligram, zat besi 12 miligram.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Kalau Sobat tidak keberatan, silahkan komen artikel ini.